Apa itu Disqus? Bangaimana Cara Memasang Komentar Disqus


Apa itu Disqus? Bangaimana Cara Memasang Komentar Disqus - Sudah kenal dengan disqus? kalau sudah ataupun belum Disqus ialah layanan fasilitas berbasis kotak komentar dunia maya. Dan menurut Wikipedia disqus adalah Disqus (dibaca dalam bahasa Inggris: discuss) merupakan suatu layanan sistem komentar berjaringan di dunia maya. Ratusan ribu situs, mulai dari situs kecil, situs populer seperti blog Wordpress, Tumblr, Blogspot, hingga situs besar seperti Mashable.com dan CNN.com dapat diintegrasikan dengan Disqus untuk mendukung layanan diskusi bagi para pengguna di dunia maya. Selain itu, untuk pengaturan secara manual, Disqus bisa diintegrasikan dengan jenis CMS seperti Drupal, Joomla,Squares pace, Yola/SythaSite, DokuWiki, Storytlr, Sweetcron, Sandvox dan Chimp. 


Tidak heran berbagai situs menganggap diskusi melalui dunia maya juga harus diperhitungkan kekuatannya, karena internet sejak kemunculannya hingga kini telah menjadi media komunikasi yang interaktif, yang tidak lagi menawarkan komunikasi satu arah. Pengguna internet di Indonesia tahun 2009 saja telah mencapai lebih dari 25 juta orang, dan diperkirakan akan meningkat sebanyak 25% setiap tahunnya. Maka dari itu kehadiran Disqus disambut baik oleh sekian banyak situs beserta penggunanya.

Untuk sistem komentar di blogger disqus menjadi alternatif layanan komentar dari sistem komentar bawaan blog itu sendiri (kotak komentar default blog). Melalui Disqus, komentar-komentar dari para pengguna blog dapat difasilitasi dengan lebih baik. Selain itu, Disqus juga bisa dihubungkan dengan akun si pengguna di berbagai situs jejaring sosial sepertiFacebook, Twitter, Gravatar, maupun situs-situs pendukung seperti Seesmic, dan lain sebagainya. Dengan menghubungkan Disqus dan akun jejaring sosial, maka komentar-komentar yang ditampilkan di Disqus akan secara otomatis muncul di akun jejaring sosial si pengguna tersebut. Secara tidak langsung hal ini dapat meningkatkan pengunjung Blog kita kenapa? tentu saja jika seseorang mengomentari postingan kita maka komentar mereka akan terposting di Sosial Media mereka dan pastinya itu memberikan kesempatan untuk orang lain untuk mengunjungi Blog kita, atau dengan kata lain orang yang mengomentari sekaligus melakukan Share postingan yang ia komentari.

Selain itu kita bisa memasang Iklan di Website kita dari Disqus tentu saja dengan bayaran yang melimpah, loh bangaiman? tenang saja iklan tersebut akan muncul dibawah kotak komentar dan iklan yang muncul pasti selalu berhubungan dengan postingan mengikuti keyword yang ada pada postingan. Tapi disqus memiliki kekurangan yaitu kadang-kadang error dalam beberapa kasus seperti error dalam beberapa template, saya pun pernah mengalami hal itu setelah mengganti template dan jadinya disqus saya tidak dapat terpasang di blog saya yang ini. Satu lagi kekurangan disqus, disqus terbilang agak besar atau dengan kata lain agak memberatkan Website karena berisi konten yang banyak dan misalkan sosial media, recent komentar, iklan dsb, namun sebagian dari itu dapat di atur dan dihilangkan tapi dengan begitu maka disqus milikmu berkurang fiturnya, dan loading disqus memakan waktu, berbeda dengan kotak komentar bog yang default.




Yup setelah mengenal lebih jauh Apa itu Disqus? kali ini saya akan memberikan Tutorial cara memasang kotak komentar Disqus di website kita lengkap dengan gambar, Silahkan simak baik-baik tutorial dari saya:

1. Kunjungi disqus.com
2. Klik "Add Disqus to Your Site"

3. Isi Identitas yang diperlukan
- Isi Username dengan Huruf dan Angka.
- Isi Email dengan Email milikmu.
- Pasword isi dengan perpaduan Angka dan huruf.
Kemudian Klik "Next step"

4. Selanjutnya lengkapi Profil Website kamu.
- Isi Site Name dengan judul Blog kamu atau terserah.
- URL Disqus samakan saja dengan judul Blog.
- Category isi dengan kategori blog kamu (apa yang paling sering kamu posting atau blog kamu tentang apa).
Kemudian klik Finish Registration

5. Selanjutnya pilih Platform jenis websitemu kamu bisa memasang Disqus ini ke semua jenis website seperti gambar dibawah ini, klik salah satu.

6. Klik "Add Judul Blog to my Blogger site"

7. Kamu akan diarahkan ke new tab lalu klik "Menambahkan Widget". Judulnya dibiarkan saja begitu, tapi kalau mau diganti silahkan saja.

8. Selanjutnya kembali ke disqus, lik Tools>Import lalu Klik Import.
Proses ini membutuhkan waktu paling lama 24 jam, setelah selesai otomatis semua komentar dari blogger akan terimport ke komentar disqus tanpa terkecuali.

Itulah tadi Tutorial Cara menambahkan kotak komentar Disqus di Blog, Wordpress, Joomla, ataupun situs website domain lainnya.
Jangan Lupa meninggalkan jejak sebelum meninggalkan Blog ini sepeti Share postingan ini!
Masih kurang Jelas? Silahkan berkomentar!
http://www.miftaseoku.xyz/2015/12/apa-itu-disqus-bangaimana-cara-memasang-komentar-disqus.html

keyword
disqus wordpress
disqus komentar
disqus blogger
disqus adalah
disqus comment
disqus login
disqus dashboard
disqus app
Comments